Friday, September 16, 2011

TIPS MENUMIS SAYURAN

Menumis sayur-mayur, kelihatannya mudah dilakukan, akan tetapi ada hal-hal pokok yang perlu diketahui. Banyak orang belum sungguh-sungguh menguasai rahasia menumis sayur-mayur dengan benar. Selalu menganggap menumis sayur adalah hal yang biasa dan remeh. Asalkan menumis dengan cepat dan api besar, lalu dibubuhkan penyedap dengan dosis tinggi, maka sudah pasti hasilnya enak. Padahal, kalau kita telah mengetahui rahasia menumis sayur yang benar, maka dengan sendirinya akan menampakkan lezatnya sayur tersebut, tidak perlu memberikan penyedap apa pun.
Mari kita simak resep cara menumis di bawah ini :
Bahan :
segala sayur-mayur, sedikit wortel dan bawang putih secukupnya.
Bahan penyedap :
garam secukupnya.
Cara memasak :
1. Sayur-mayur dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian dipotong-potong
2. Panaskan wajan, lalu tuangkan minyak secukupnya. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan sayurnya .
3. Sayur diratakan pada permukaan wajan, sehingga bisa langsung menyentuh wajan. Jangan keburu membaliknya, biarkan sejenak hingga air dalam sayur mendidih sebentar. Setelah itu balik sayuran tersebut secara bertahap dan menyeluruh. Sewaktu membaliknya jangan dilakukan asal-asalan, agar sayur yang dibalik tetap pada posisinya.
4. Ketika sayur perlahan menjadi matang dan makin menyusut, pertahankan posisinya agar tidak berubah. Dengan jarang membaliknya, maka rasa manis dari sayuran tersebut akan tetap bertahan, serta matangnya juga merata.
5. Terakhir bubuhkan garam secukupnya, setelah itu dengan cepat membaliknya beberapa kali kemudian diangkat.
Tips :
1. Sayur-mayur pada umumnya mudah matang, maka menumisnya cukup selama 2-3 menit saja, hati-hati jangan sampai sayur menjadi terlalu matang.
2. Karena masih ada air yang tertinggal dalam sayur, maka jangan memberi air lagi. Hal ini akan mengurangi rasa manis alami dalam sayuran. Biasanya di restoran-restoran ketika menumis sayur seringkali menambahkan sedikit air, hal ini dikarenakan untuk memburu waktu supaya cepat matang, dan juga ditambahi bumbu penyedap supaya rasa manisnya tidak berkurang.
3. Jika ingin mendapatkan tumis sayur yang enak, maka perlu juga memperhatikan suhu api. Tumis sayur di restoran, bisa membuat makanan menjadi sangat lezat, hal ini dikarenakan mereka menumisnya dengan menggunakan api yang besar. 
sumber: http://www.epochtimes.co.id/keluarga.php?id=80&page=0

1 komentar:

seravina danniella said...

terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

Tips Menggunakan Presto

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes